Monday, April 13, 2009

goodbye grandma!

minggu, 12 april 09,
nenek gue meninggalkan kami semua untuk selamanya.

gue kehilangan sosok hangat beliau.

gue kangen saat kecil dulu, gue selalu minta uang onyet (lima ratus rupiah) ke beliau. HAHA

mungkin, ini memang jalan terbaik yang udah ditakdirkan.

sehari sebelum beliau meninggal, gue dapet kabar kalo katanya beliau sempet pingsan.
gue dan sodara lainnya pada ngumpul di rumah sodara gue, dimana nenek gue tinggal.
memang udah ga muda lagi, 83 gitu loh.
sama nyokap gue, beliau dibimbing bacaan-bacaan quran.
setelah beliau agak baikan, kami semua pulang.

nah besok paginya jam 4 subuh, gue ditelefon kalo katanya beliau udah meninggal.

nyokap gue tenang, sebelumnya memang udah punya firasat.

pagi-pagi buta, nyokap gue sibuk nelefon kesana kesini ngurusin buat kavling kuburan nenek gue yang sebelumnya udah dipesen.
nelefon ke yayasan kamboja buat ngurusin mayat nenek gue.
keliatan banget kalo nyokap gue segitu care-nya sama ibunya sendiri. aih aiiiih..

sebenernya udah banyak firasat kalo nenek gue akan pergi..
* seminggu sebelum nenek gue meninggal, nyokap gue nemu surat-surat buat kuburan nenek gue nanti kalo meninggal, waktu lagi beresin rumah.
* sepupu gue banyak yg mimpi kalo katanya ketemu nenek gue di mimpi, dan ngeliat kalo nenek gue siap-siap mau pergi nyusul suaminya yang udah duluan dipanggil Tuhan.
* mata gue kedutan terus (kaya tandanya mau nangis--sotoy! haha)

kata nyokap gue, waktu hari sabtu pas nyokap gue ngejenguk si nenek, katanya si mama emang udah punya firasat. tapi nyokap gue ngebisikin ke telinga nenek gue, kurang lebih intinya gini, 'mah, kalo mau pergi, jangan sekarang, besok aja (minggu maksudnya), kalo sabtu ga baik, biasanya suka ngajak orang..' (nyokap gue bicara dalam bhs. sunda)

katanya nyokap gue, kalo orang meninggal hari sabtu itu ga baik, biasanya suka 'ngajak' orang lain untuk meninggal juga.
percaya atau tidak, ini mitos.

pas gue dateng ke rumah sodara gue, di depan rumah, karangan bunga banyaaaak banget, 20 lebih karangan bunga turut bela sungkawa.
ada karangan bunga dari Jusuf Kalla juga.

pas gue dateng, jenazah udah dimandiin, dan orang-orang lagi pada baca doa.
gue langsung duduk depan jenazah baca yasin.

jujur, baru kali ini gue berhadapan langsung sama jenazah, sama orang yang udah meninggal.
gue ingin meluk nenek gue untuk terakhir kalinya, tapi gue TAKUT.

sungguh bodoh memang, takut sama yang tidak bernyawa.
toh kita nanti juga akan mengalami hal itu.
ah tapi intinya, gue takut.

banyak orang yang nangis.
gue ga bisa nangis, gue cuman menitikkan air mata. (itu juga bisa disebut nangis ya?)

lalu, jenazah dibawa ke pemakaman.
kita pergi dengan iring-iringan mobil, dikawal polisi,
sekitar 30 mobil lebih mengantarkan beliau ke tempat peristirahatan terakhir.
kayanya, konvoi angkatan sekolah gue aja kalah deh kalo dibanding ini. krik!

di mobil nyokap gue nangis, gue ga bisa nahan air mata gue juga.
gue ngerti rasanya kehilangan orang yang kita sayangi, terlebih ibu kita sendiri.

gue ngeliat secara live, jenazah nenek gue diturunkan ke liang lahat.
ini pengalaman baru gue ngeliat hal kaya gitu, karena sebelumnya gue paling ga mau dateng ke pemakaman orang.

kan abis dimakamkan, ada ceramah dulu ya di pemakamannya itu,
kata ade gue, si penceramahnya itu keceplosan ngomong gini, 'hadirin yang berbahagia...'
BODOH!

----------------
gue suka takut kalo ada orang yg meninggal kaya gini,
gue suka takut kalo hantunya ngedatengin gue. HAHA!

terlebih, nenek gue itu kadang suka jail.
waktu dulu, dia pernah bilang gini, 'kalo nanti ma aji mati, mau ngelikitik neng putri ah'

dan gue sekarang kepikiran itu!
mudah-mudahan ga terjadi yaaloh!

ma aji, tenang di alam sana ya..
semoga diampuni segala dosanya
dan diterima di tempat yang layak disisi-Nya.

we love you, grandma!

2 komentar:

SINTIA RAHMAH said...

ka diaan.. turut berduka cita, yaa.
terenyuh, ka bacanyaa. huhu. yang tabah ya, kaa.

DIAN PUTRI said...

iya. makasih cha :)

Post a Comment