Monday, March 23, 2009

cerita usm-itb

21 Maret 2009: hari pertama USM ITB daerah

Hari pertama adalah test psikotes.
Isu-isu nya sih ITB ngeliat hasil seseorang itu dari psikotesnya.
Kalo hasil psikotesnya bagus, dan ilmu eksaknya --matdas, bing, mipa terpadu-- nya kurang oke hasilnya, itu masih bisa lolos test ITB.

Rata-rata soal psikotes itu emang sama.
Soalnya tentang verbal, bilangan, kepribadian, test gambar dan test logika.
Alhamdulilah gue lancar ngerjainnya, walaupun ada beberapa yang ga diisi gara2 waktunya mepet.
Lancar sih lancar, tapi tetep aja otak gue ngebul. Tangan gue cape bgt gara-gara ngitung angka semua, se-kertas segede Koran. Ckckckck.
Yaaa mudah-mudahan psikotes gue hasilnya bagus. Amin!


22 Maret 2009 : hari kedua USM ITB Daerah

Hari ini bisa dibilang hari puncaknya. Soalnya hari ini test bakat skolastik, b.inggris, matematika dasar, dan mipa terpadu.

Kalo diitung-itung, hari ini mungkin gue udah ngerjain hampir 300 soal!
Kalo psikotes sih soalnya banyak juga gpp, soalnya gampang, ga usah mikir ribet.
Sedangkan ini, otak kita dituntut untuk berpikir keras selama seharian untuk soal soal yang hmm.. lumayan susah.

Jadwal hari ini dimulai dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore. what a nice day! Arrrgh.

Pertama yg dikerjain itu adalah test bakat skolastik.
Gampang-gampang susah sih soalnya.
Persamaan kata, lawan kata, analogi, deret hitung, logika mat, penalaran, test kepribadian, dll.

Skolastiknya itu sekitar 170 soal..atau sampai 200 soal ya? Gue lupa. Yang jelas banyak banget. Tangan gue udah pegel banget lah.

Abis itu, test bahasa inggris. Satu jam untuk 50 soal.
Nah gue tuh bingung disini, ada system minus ga. Gue nanya ke si pengawasnya, katanya dia ga tau apa-apa. Gue nanya ke temen tapi mereka jg bingung.
Lagian di soalnya ga disebutin ada system minus. Dan gue baru nyadar itu pas waktunya udah abis!
Sisa soal-soal yang gue belum jawab, mau diisi ngasal, eeh tp kertasnya keburu diambil sama pengawasnya. Sekitar 5 soal ga gue jawab. Shit! Gue bete.

Nah abis ini matematika dasar.
Kalo ini, ada system minusnya. Jawab bener +4, salah -1, ga dijawab 0.
Soal pertama sampai soal ke10 masih lumayan gampang
Eeeh ternyata abis itu soalnya udah mulei susah
Banyak banget tentang grafik ato apalah itu. gue ga ngerti soal itu.
gue kemarin banyak belajar limit. Dan ternyata ga ada satupun soal tentang limit! Shit.

Aah gue cuman bisa kurang dari setengahnya. Gue pengen isi ngasal tp takut minus.
Ah yaudah akhirnya berbekal nekat dan bismillah, beberapa ada yg gue isi asal. Keseluruhan gue cuman bisa jawab 21 soal.

Gue inget ucapan kaka kelas gue, ‘kalo dari 30 soal, usahain lo ngisi diatas 21 ya!’
Yaaah masalahnya gue banyak ya ga yakin nih.

Gue mau nangis darah!! Gue terus baca-baca doa minta dipermudah sama Tuhan.

Pas udah selesai mat, temen gue, si bayu yang duduk dibelakang gue, nanya,
Bayu: diisi berapa, yan?
Gue: (dengan lemes) ah cuman setengahnya. Kamu gimana?
Bayu: ah ga diisi 4 euy. Sialan.
Gue: (ngomong dalam hati) anjir, beda jauh gitu sama gue. Ya alloh, gue mau nangisss!!
Bayu: eh reggy, diisi berapa? (dia nanya ke temen gue yg satunya lagi)
Reggy: ah aku cuman diisi setengahnya, banyak yg ga yakin soalnya
Gue : (dalam hati) aah untung ada temen yg sama
Si-anak-aloysius-yang-gue-gatau-namanya : aduh aku cuman diisi 24 nih. aku takut
Gue : udah gpp deh. Gue juga cuman diisi 21 ko. Banyak berdoa aja sekarang mah

Trus gue nyamperin temen-temen gue yang lg pada makan..
Kiki : yan, diisi berapa matdasnya?
Gue : aaah udah ah jangan ngomongin itu lagi ki, pengen nangis bawaannya. Dyan cuman setengah
Kiki : sama aku juga!

Kemudian si matheus, entah gimana awalnya, dia gabung sama kita,
Angga : maneh yang ga diisi berapa?
Matheus : ah 3 soal stuck pisan lah! Sialan!
Semua : cengo bercampur shock.


Abis istirahat, dilanjut mipa terpadu.
Gue ga belajar banyak nih soal mipa terpadu ini.
Gue udah nyerah sebelum perang. Gue banyak berdoa supaya dipermudah.

Liat soal pertama yang paragraf bacaan aja, gue udah males baca soalnya.
Jawabannya sebenernya ada di naskah bacaannya, tinggal kitanya aja yang harus ngulik-ngulik sendiri.
Tapi tetep aja kudu mikir!

Overall, gue jawab 27. ah gue udah pasrah.

Gue harap, keberuntungan ada di pihak gue.

Akhirnya test itb keseluruhan udah selesai. Tinggal nunggu aja sebulan untuk hasilnya nanti. Gue udah pesimis banget kalo gue ga akan diterima.
Tapi banyak temen-temen gue yang meng-optimis-kan gue kalo gue akan lulus. Semangat gue jadi bangkit lagi gara-gara mereka. Aduuuh.. makasih banyak ya sob!

gue hanya minta yang terbaik sama Allah.


Karena segala keputusan dari Yang Diatas itu selalu terbaik bagi hambaNya.
Kalo ITB memang terbaik buat saya, tolong lancarkan supaya saya bisa kuliah disana Ya Allah..
Tapi kalo memang ITB bukan yang terbaik buat saya, tolong lancarkan supaya saya bisa kuliah di tempat lain yang memang baik untuk saya Ya Allah..

amin.

0 komentar:

Post a Comment