Friday, May 22, 2009

mekkah

disini keadaan agak berbeda sama madinnah.
di mekkah agak semrawut dan kurang tertata rapi.

banyak pembangunan hotel-hotel di sekitar mesjid.
ya tanah di sekitar mesjid sangat mahal.
1 meter tanah = 500JUTA!!
uwoooow!

***
oh ya cuacanya panas bukan main.
dan udaranya agak sedikit pengap.
bau-bauan nya kurang enak, bikin ga berselera.

siang hari bisa sampai 40 derajat!
gila ya, tiap hari gue udah berasa mandi keringet aja tuh.
subuh-subuh aja suhunya udah 34 derajat.

bahkan katanya kalo sekitar bulan agustus, suhu siang hari bisa mencapai 55 derajat! OH MY!

gue kangen cuaca bandung yang claudy!

***
penjagaan untuk masuk mesjid, kurang ketat.
disini agak bebas.
si askar-nya moody-an. sekarang periksa, nanti engga. gitu aja terus.

sampai akhirnya gue bisa masuk mesjid, bawa ponsel, dan foto kabah dari deket. heheh

mesjidil haram ini sangat besar.
besaaaaaar banget malah!
ada lift + eskalator segala.
coba deh jalan-jalan keliling mesjid. pasti cape!

mesjid ini 24 jam penuh dan ramai.
ga ada sepinya.
orang-orang ibadah ga kenal waktu.
ka'bah ga pernah sepi.

mau seterik apapun matahari bersinar, orang-orang terus mengelilingi kabah (tawaf).
salut!

disini gue nyadar betapa kecilnya gue, betapa ga ada artinya gue, didepan Allah.

semua orang berlomba-lomba untuk mendapat ridha-Nya.

gue beberapa kali nangis waktu solat.
nangis terharu. nangis bersyukur sama Allah, karena Dia telah begitu baik sama gue : )
rasanya tenang dan nyaman banget waktu gue solat depan ka'bah, serasa gue deket sama Allah.

orang yang beribadah di mesjidil-haram, pahalanya akan dilipat gandakan 100.000 kali.

gue nyesel banget, karena apa yang gue lakuin selama ini kadang jauuuh banget dari akhlak Islam ;(

gue puas-puasin beribadah dan berdoa disana.
tapi tetep aja belum puas ;(

***
tau hajar aswad?
Hajar aswad itu batu yang (konon) berasal dari surga.
batu itu di tempel di ka'bah.
semua orang-orang berlomba-lomba untuk nyium batu itu.
bahkan untuk sampai mencium itu batu, nyawa pun siap ditaruhkan.
gue bukan lebay, tapi ini memang kenyataan.
banyak korban gara-gara batu itu.
banyak orang yang terinjak-injak meninggal, hanya karena ingin mencium batu itu.
disini, ego manusia sangat terlihat.
egois. maju untuk sendirinya. tanpa mempedulikan yang lain.
ya itulah manusia.

sayang, kali ini gue ga sempet nyium hajar aswad.
tapi untungnya, umroh sebelumnya, gue udah nyium hajar aswad.
alhamdulilah : )

mesjid haram ini sangat kaya.
renovasi perluasan mesjid terus dilakukan, demi kenyamanan para pengunjungnya.
ga ada tuh yang namanya 'kencleng'.
mesjid mendapat masukan biaya,
dari biaya visa orang-orang yang mau berhaji ataupun umroh.
sebagian biaya negara diperuntukkan mesjidil haram.
makanya, gimana ga kaya coba?

mesjid berlantai 3 ini aja, masih ga cukup nampung orang yang solat disitu.
yaampun padahal gede banget banget banget!

yang salutnya, tiap waktu solat dateng, orang-orang semuanya langsung berkunjung ke mesjid.
yang tadinya nyetir, ngeberhentiin dulu mobilnya.
yang tadinya berdagang, berhenti dulu berjualan, menutup tokonya, lalu ke mesjid.

seneng banget liat pemandangan kaya gitu.
beda banget ya sama di kita heheh.

***
meskipun mekkah kota suci, tapi yang namanya manusia, tetep aja ada yang hatinya jahat.

disana gue ngeliat beberapa anak kecil yang jari-jari tangannya pada putus.
itu akibat dari mereka suka mencuri.
kalo ketauan mencuri, jari mereka dipotong 1. begitupun seterusnya, bisa-bisa sampai satu pergelangan tangan mereka dipotong.
itu namanya hukum Qisos.
orang yang membunuh, harus dihukum mati.

nyawa bayar nyawa.

anak-anak kecil afrika banyak banget yang tangannya 'buntung'.
mereka biasanya jadi pengemis.
mintanya pada maksa, bisa-bisa mereka nekat nyopet.
makanya kudu hati-hati.

ke nyokap gue aja, ada pengemis anak afrika yang mintanya maksa.
pake acara nangis-nangis lagi. ckckck.

***
oh ya, disini tiap waktu pasti ada yang meninggal.
jadi, sehabis solat fardhu, pasti solat jenazah berjamaah.
kayanya adaaaa aja yang meninggal.

***
oh ya bicara tentang shopping.
belanja disana sama aja kaya di indonesia. ga ada bedanya.
para penjualnya banyak yang bisa bahasa indonesia.
jadi ya serasa di negeri sendiri aja hehe.

kalo belanja, harus berani nawar harga dengan tega!
ga peduli di bilang bakhil, pelit atau semacamnya.

cara belanja gue dan adik gue: kita harus bermuka manis, ramah, dan banyak senyum.

karena kalo gitu, biasanya si penjualnya jadi baik ke kita.

waktu itu gue belanja berdua sama adik gue ke toko aksesoris gitu.
ya gue kenalanlah sama si penjualnya, ngobrol ngobrol sambil nawar-nawar harga dan minta bonus.
kebetulan gue belanja banyak.
trus gue iseng minta bonus sama si penjualnya itu.

eeeh dia kasih gue bonus 3 gantungan boneka dan baterai buat gameboy gue.
banyak banget yaaloh!

padahal biasanya kalo ngasih bonus itu, ngasih barang yang murah. sedangkan ini tuh bisa dibilang pada mahal harganya. ckckck

dan yang lucunya, itu si orang arab, minta foto gue sama ade gue!
hahahaa

ya alhasil gue sama ade gue, di foto pake kamera hp dia :''>

gue percaya, kalo kita baik ke orang, pasti ada juga yang ngebaikkin kita nantinya.
sama halnya, kalo kita ngejahatin orang. itu pasti akan ada timbal baliknya.
istilahnya, pasti ada karma.
setuju?

3 komentar:

arieeeeeeen said...

heh itu cara belanja arien tau yang bermuka manis, ramah dan banyak senyum HAHAHAHA

arieeeeeeen said...

heh itu cara belanja arien tau yang bermuka manis, ramah dan banyak senyum HAHAHAHA

DIAN PUTRI said...

zzz berisik lo nyet

Post a Comment