Friday, May 22, 2009

madinnah

setelah seminggu di arab
(3 hari madinah, 3 hari mekkah, 1 hari jeddah),
finally home!

makasih ya Allah ini kedua kalinya saya dateng memenuhi panggilanMu..

setelah berkutat di dalam garuda airlines selama 9 jam, akhirnya sampai ke jeddah juga.
BAYANGKAN 9 JAM BOY DI PESAWAT!

tidur-makan-kedinginan-tidur-makan-kedinginan terus aja berulang selama 9 jam itu.

singkatnya, sampai di bandara king abdul aziz, di jeddah.
waktu di bagian imigrasi, ada petugas cowo arab yang (kata si tante), dia curi-curi pandang ke gue.
HAHAHAHA :''>

nah pas nyampe di jeddah, kita disuguhi makanan.
semacam KFC gitu. namanya Al-Baik.
edun nyak, si ayamnya gede-gede banget. 1 porsi itu terdiri dari 4 potong ayam, kentang, sama roti.
kayanya 1 porsi Al-baik itu, menghabiskan 1 ekor ayam. ckckck.

selama perjalanan, yang gue liat cuman gurun pasir melulu.
ga ada tuh pemandangan gunung dan sawah yang serba hijau.

***
MADINNAH

disini semuanya tertata rapi dan apik.
hotel hotel rapi dan sejajar mengelilingi mesjid nabawi.

disini cuacanya panas dan kering.
ga enak banget!
kayanya masih enak panas di jakarta deh.

air disini juga rasanya aneh.
aqua ga enak!
air untuk mandi aja rasanya sedikit agak asin.
airnya itu disuling dari laut.

karena kulit gue agak sensitif, gue kena alergi,
dalam sekejap tangan gue langsung muncul bintik-bintik dan gatal-gatal gitu sepanjang tangan.
argh!

***
mau masuk mesjid, ada penggeledahan terlebih dahulu.
kebetulan pintu masuk cewe sama cowo dipisah.
di pintu masuk, udah dijaga askar-nya.
cewe-cewe berpakaian serba hitam dan memakai cadar jadi satpamnya.

ya sebelum kita masuk, kita diperiksa dulu.
tas diperiksa. badan kita di grepe-grepe.
kita ga boleh bawa ponsel, camera.
segala berbentuk alat rekam ga boleh.

untungnya gue lihai.
sebisa mungkin gue sembunyiin ponsel gue di dalam baju. HAHA!

***
disana, semua orang berkumpul dari berbagai belah dunia.
yang paling banyak itu biasanya orang-orang indonesia, turki, dan iran.

orang iran, cantik-cantik dan ganteng-ganteng!
SUMPAH OKE ABIS!
tinggi, putih, mancung, alis tebel, cantik. aah oks banget.
mungkin kalo di indonesia, mereka laku kali ya jadi model atau pemain sinetron. zzz

disana gue beberapa kali kenalan sama orang turki.

banyak yang senyumin gue, ngasih gue makanan, mulai dari permen, kurma, roti, sampai tasbih pun ada!
bahkan ada yang nyium gue! hahahaha :''>

banyak yang nyangka gue orang arab. zzz

di mesjid nabawi, tante gue nemuin dompet.
dan pas dibuka, oh lala, ada sekitar 3500 riyal!
itu artinya sama dengan 10JUTA lebih!

ada perasaan bingung.
diambil atau jangan.
tapi akhirnya dompet itu ditaro lagi ke tempatnya.
anggaplah, kita sedang diuji. iya kan?

***
mesjid selalu penuh dan ramai. ga pernah sepi.
kalo mau dapet tempat solat, usahain sejam sebelum adzan, kita udah dateng.

***
di mesjid nabawi itu, di dalamnya ada makam Rasulullah. namanya Radah.
susah banget mau masuk kesitu.
dijaga ketat.
makamnya diteralis gitu. ditutupin.
kalopun mau berdoa di sekitar situ, susah dan harus berdesak-desakkan.
disini ego manusia mulai dipermainkan.

mesjid nabawi amat megah.
emas dimana-mana. tertata rapi dan apik.
nice!

kalo kita beribadah di mesjid nabawi, niscaya pahala kita berlipat 1000 kali.

***
makanan arab dan rasanya yang aneh.
makanan di hotel berbintang lima sekalipun, ga bikin nafsu makan gue hebat.
makanannya ga oke!
penampilan makanannya sih oke, eeeh rasanya? nothing :|

gue pernah makan, sejenis lasagna gitu, tapi manisnya kaga nahan! maniiiiiis banget!
eneg.

ada jelly, tapi rasanya hambar!

gue coba jus tomat, tapi rasanya malah kaya SAOS TOMAT!

beras di arab lucu deh, panjang-panjang!

dan kebanyakan rasa makanannya ada campuran rempah-rempah.

kerupuk aja ada campuran rempah-rempahnya segala! ckckck

gue kangen makan ampera deh! haha!

***
mesjid nabawi dikelilingi hotel-hotel berbintang 5.
hotelnya itu bisa mencapai 25 lantai dan megahnya bukan main.

untuk 1 METER tanah di sekitar mesjid itu, harganya bisa mencapai 500JUTA rupiah!

BAYANGKAN 1 METER: 500JUTA !!
ckckckck.

***
untuk komunikasi,
nyokap gue beli kartu perdana disana, namanya mobily.
harganya 80 SR. (1 SR= 3ribu)
yakni sekitar 240ribu rupiah.
mahal juga ya. mending di indonesia kali, kartu perdana doang paling 15ribu. haha!

gue kan tetep pake indosat.
sekali ngesms ke bandung, memakan pulsa 7RIBU rupiah! ckck.

selama disana, gue coba cari hotspot. dan kebetulan di hotel gue ada hotspot, tapi ada tarifnya:
30 menit : 7 SR (=21rb rupiah)
1 jam : 10 SR (30rb)
2 jam : 15 SR (45rb)

bussssset dah

0 komentar:

Post a Comment