Friday, May 22, 2009

jeddah dan pesawat yang terombang-ambing

jeddah ini tempatnya sedikit 'agak' bebas, bila dibandingkan dengan madinah ataupun mekkah.

disini, orang non muslim bisa masuk.
tidak seperti mekkah dan madinah, yang hanya untuk orang islam.

malah di daerah ini, beberapa wanita sudah berani menampakkan diri tanpa menggunakan kerudung.

gue waktu itu pake skinny jeans, karena kebetulan baju gue semuanya pada kotor.
eeeeh gue diliatin lah sama orang arab sana.
memang sih, wanita ga boleh pake baju/celana yang agak ketat.

***
ah ya, gue 3 kali dimarahin orang arab gara-gara ketawa terlalu ngakak!!
padahal perasaan ga terlalu ngakak deh, ya standar aja kita ketawa gimana.
eeh dimarahin! jadi malu sendiri gue ;'(

gue ngeliat cewe sana tuh kayanya pada tertutup ya.
sebagian pada pake cadar.
malu nampakin muka nya kali ya. zzz

***
percaya atau tidak, ternyata ada juga loh blue film di arab sini! HAHAHA!

tante gue lagi mindahin channel tv di hotel pas tengah malem.
eeeh taunya yah ada adegan syur gitu.
ga terlalu bokep sih, tapi ya cukup bokeplah katanya.
ah sial, gue ga nonton! HAHAHA!

***
ada kejadian lucu disini.
waktu itu sekitar jam 11 malem, balik abis belanja, gue sama mama, pergi ke restoran hotel.
kebetulan restoran ini, resto khusus italy.
pengunjungnya waktu itu cuman ada 2, gue sama si mama.
udah mau tutup restonya waktu itu.

ya kita kenalan lah sama si waiter + chef nya.
si waiternya orang bangladesh. dan si chef nya orang mesir.

waktu itu mama pesen lasagna.
gue ga makan, karena udah kenyang.

ya kita ngobrol panjang lebar sama mereka.
mereka tampaknya interest sama kita.
malah gue sempet foto sama mereka.

lalu lalu, pesanan yang pertama dateng itu spagheti!
kita kan bingung ya, lah siapa yang pesen spagheti. kita kan pesen lasagna.

eeh taunya si waiter nya bilang gini, 'its free for you. the chef loves you.''
hahahahahahahahahaha :''>

jadi kita dikasih bonus spagheti sama mereka!
yaampun baik banget.
pengen balas budi tapi gtau caranya gimana.
kebetulan di tas gue, ada tasbih pemberian dari orang turki. yaudah aja gue kasiin itu tasbih ke mereka hehe.

***
ternyata, di arab sini, ga ada patung yang menyerupai manusia ataupun hewan.
karena katanya 'pamali' kalo ada patung berbentuk manusia ataupun hewan.


****
nah pas di bandara mau balik, gue mulai ngeliat banyak TKW indonesia.
ternyata mereka satu pesawat ma gue.

dandanannya aneh-aneh deh.
ada yang gayanya kaya rocker abis!
rambut panjang kaya kunti, hidung ditindik, pake sepatu boots sampai lutut. ckckck.

gue lihat mereka tampak 'subur' disana. ga terlihat ciri-ciri mereka suka disiksa tuh.

***
baliknya, gue naik penerbangan yang malam hari.
jujur, gue ga suka penerbangan malam. gue suka takut.

gue duduk di bagian depan pesawat.
yang duduk di bagian belakang pesawat itu banyaknya para TKW.

kebetulan di bagian belakang itu (bagian tkw) banyak tempat duduk yang kosong.
malah ada yang 4 kursi duduk kosong.
yaudah aja gue langsung pindah kesitu, dengan harapan pengen tidur selonjoran.

1 jam pertama gue masih santai, rilex.
nah abis itu, ternyata pesawat mulai banyak goncangan!
goncangannya ini parah banget!
berkali-kali si pilotnya ngasih tau kalo pesawat lagi ada di cuaca buruk.
pesawat berasa di ombang-ambing sama angin.

gue yang tadinya mau tidur, jadi ga bisa tidur.
gue terus duduk sambil baca-baca doa.
gue berdoa sama Allah, jangan sampe pesawat jatuh.
gue belum siap mati. amal gue masih sedikit.
gue perbanyak istigfar.
gue nangis. gue takut. bener-bener takut.
baru kali ini gue takut banget naik pesawat.
aduh ya, pesawatnya tuh oleng banget lah. gimana gue ga takut coba.

dan yang bikin gue gondok.
udah tau pesawat lagi ga stabil, orang-orang sebagian pada sibuk berdoa.
eeeh ini para TKW pada cekikikan ngegosip dong.
asli kesel banget!

gue liat jam.
oh my god, perjalanan untuk sampai ke jakarta, masih sekitar 7,5 jam lagi!
GILAAAAAAAA!

gue liat monitor pesawat, ternyata posisi pesawat masih ada di atas laut deket srilanka dan india.
kata si mama, di daerah situ anginnya memang agak berbahaya.

pernah waktu dulu, banyak jemaah haji yang kecelakaan disitu.
yaaloooooh ;'(

gue terus baca-baca doa.
gue mulai ngebayangin hal yang engga-engga.

gue kepikiran film cast away-nya tom hanks, dimana doi kecelakaan pesawat dan terdampar di pulau tak berpenghuni sendirian.
di film itu diliatin banget gimana detailnya pas kecelakaan pesawat.

gue kepikiran itu mulu. tambah-tambah aja gue panik. aduh ya.

gue jadi parno setiap ada pengumuman dari pilotnya.
gue takut kalo tiba-tiba nanti si pilotnya ngomong gini, 'bersiaplah untuk kecelakaan..'
astagfirulloh yaaloh!!

sampai akhirnya 2 jam sebelum mendarat, si pilotnya ngumumin udah subuh.

terus, kita solat subuh berjamaah di pesawat.
gue sampai nangis solatnya. terharu.
solat dalam keadaan tergoncang batin dan pesawat. (naooooon deui)

gila deh itu goncangan di pesawat.
serem. kaya lagi naik roller coaster!
udah pasrahlah pokonya..

dan sampai pada akhirnya pesawat mendarat di jakarta dengan selamat.
alhamdulillah : )

rrrrr jadi parno naik pesawat.

ya tapi finally home.

***
terimakasih untuk semuanya Ya Allah : )

0 komentar:

Post a Comment